KM merupakan interface atau suatu jembatan antara Knowledge User (pengguna) dengan Knowledge Resources (sumber). Untuk mengetahui Konsep KM itu sendiri ada beberapa istilah yang harus dipahami yaitu: data, informasi, pengetahuan, jenis pengetahuan dan pengetahuan manajemen itu sendiri. Disamping itu perlu pula memahami proses pembentukan pengetahuan dari data, informasi, kemudian menjadi pengetahuan.
Dari berbagai istilah di atas, dapat disimpulkan bahwa KM merupakan proses sistematis untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan, dan menyajikan informasi dengan cara tertentu yang dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik. Dengan kata lain KM adalah teknik untuk mengelolah pengetahuan dalam organisasi untuk menciptakan nilai dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Melalui penerapan KM di WIKA diharapkan mampu meningkatkan performa perusahaan sebagai smart goal yaitu tercapainya visi WIKA Star 2010.
Selasa, 16 September 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar